Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah
Vol 20, No 1 (2021)

Efektivitas Pesan Dakwah di Media Sosial Terhadap Religiusitas Masyarakat Muslim: Analisis Literature Review

Syaifuddin Syaifuddin (Fakultas Dakwah UIN Sunan Ampel Surabaya Indonesia)
Abdul Muhid (Dosen Fakultas Dakwah UIN Sunan Ampel Surabaya)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2021

Abstract

Media sosial menjadi alternative dalam menyampaikan pesan-pesan dakwah, sehingga tidak sedikit para pelaku dakwah menggunakan media sebagai sarananya. Kompleksnya media mengharuskan para da’i untuk terlibat ke dunia media, dari hal ini media sosial tentunya adalah komunikasi dakwah yang efektif dalam mengimbangi perkembangan zaman. Oleh karena itu studi literature review ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas pesan dakwah dimedia sosial terhadap religiusitas masyarakat muslim. Lebih lanjut kajian mendalam terhadap efektiftasnya media dakwah perlu dilakukan, karena semakin pesatnya perkembangan dan penggunaan media. Selanjutnya dalam proses analisis, peneltian ini menggunakan metode studi literature dengan mengumpulkan beragam sumber dari jurnal, artikel, serta buku-buku yang berhubungan dengan variabel penelitian. Hasil dari studi literture ini menunjukkan bahwa efektifitas dakwah media sosial bisa dikatakan efektif apabila frekuensi dari intensitas seseorang menggunakan media  kemudian mengamalkan isi pesan yang disampaikan terkait kajian dakwah yang ada. 

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

alhadharah

Publisher

Subject

Religion Humanities Decision Sciences, Operations Research & Management Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah promotes normative and empirical inquiry into dakwah and communication. The journal publishes articles in communication and broadcasting Islam, dakwah and media, Islamic counseling, dakwah management, and philosophy of dakwah, as well as articles that approach the role ...