Renjana Pendidikan Dasar
Vol 1 No 4 (2021): Edisi November 2021

HUBUNGAN POLA ASUH DEMOKRATIS ORANG TUA TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR KELAS V GUGUS 06 MATARAM

Yuniarti Yuniarti (Universitas Mataram)
Darmiany Darmiany (Universitas Mataram)
Ilham Syahrul Jiwandono (Universitas Mataram)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara Pola Asuh Demokratis orang tua dengan Kemandirian Belajar Siswa Kelas V di SDN Gugus 06 Mataram Kota Mataram Tahun Pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Populasi pada penelitian ini sebanyak 157 siswa dari 6 sekolah. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampling non probability sampling dengan sampel sebanyak 110 siswa. Pengumpulan data dilakukan menggunakan 2 kuesioner, yaitu angket pola asuh demokrtais orangtua dan angket kemandirian belajar siswa. Data dianalisis menggunakan teknik analisis korelasi meliputi pengambilan sampel secara acak, data berdistribusi normal dan hubungan variabel bebas dan variabel terikatnya linear. Hasil analisis menunjukkan korelasi nilai r = 3,198 pada taraf signifikan 5% artinya terdapat hubungan antara x dan y, dimana pola asuh demokratis orang tua semakin baik/tinggi maka semakin tinggi pula tingkat kemandirian belajar siswa.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

renjana

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Renjana Pendidikan Dasar merupakan wadah publikasi artikel-artikel hasil penelitian mahasiswa dan kajian studi literatur dalam bidang pendidikan dasar. Bidang pendidikan dasar ini mencakup model pembelajaran pendidikan dasar, evaluasi pembelajaran pada pendidikan dasar, strategi pembelajaran, media ...