Pelaksanaan pembelajaran daring salah satunya berpengaruh terhadap proses pengajaran siswa lamban belajar yang mengalami kesulitan dalam memahami materi secara daring, sehingga tujuan penelitian ini untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran daring bagi siswa lamban belajar, kendala guru dan strategi guru dalam mengatasi kendala pembelajaran daring bagi siswa lamban belajar di kelas V SD Al Irsyad Al Islamiyyah 01 Purwokerto. Jenis penelitian ini yaitu kualitatif dan subjek penelitian terdiri dari guru kelas V, waka level V, siswa lamban belajar dan orang tua. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran daring bagi siswa lamban belajar 1) menggunakan platform whatsapp, google (classroom, meet, form), zoom, Mobile Al Irsyad School (MAS) dan youtube, 2) pendekatan secara individual, 3) penerapan metode ceramah, tanya jawab, penugasan dan pengulangan, 4) penggunaan media video pembelajaran dan power point, 5) memberikan fasilitas home visit, perhatian lebih dan hadir terbatas ke sekolah. Adapun kendala pembelajaran daring yang dihadapi oleh guru yaitu kendala layanan, jaringan, keterlambatan pengumpulan tugas dan perhatian orang tua kurang. Strategi guru dalam mengatasi kendala tersebut yaitu memaksimalkan google meet kewalasan, datang terbatas ke sekolah, meningkatkan kordinasi dengan orang tua dan siswa lamban belajar.
Copyrights © 2021