Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan literasi untuk meningkatkan kepercayaan diri anak usia dini pada Desa Nipa, Kabupaten Bima. Kepercayaan diri anak usia dini sangat minim, terlihat anak sulit untuk tampil didepan kelas, pendiam, dan tidak mau berinteraksi dengan yang lain. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Metode ini bersifat deskriptif, menggunakan analisis, mengacu pada data, dan memanfaatkan teori yang ada sebagai bahan pendukung. Peneliti melakukan analisis dengan pengamatan proses edukasi dan melakukan wawancara dengan anak usia dini pada Desa Nipa, Kabupaten Bima, untuk mendapatkan informasi terkait pemanfaatan literasi untuk meningkatkan kepercayaan diri pada anak usia dini. pendekatan penelitian menggunakan deskriptif kualitatif. Dalam penelitian ini populasi terdiri dari seluruh anak uais dini desa Nipa, Kabupaten Bima, yang berjumlah 74 anak.Teknik pengumpulan data yaitu observasi dan wawancara. Berdasarkan deskripsi data yang telah penulis paparkan dari data – data obsrvasi dan wawancara dengam anak uais dini desa Nipa, Kabupaten Bima, dapat dianalisis bahwa litearsi dapat meningkatkan kepercayaan diri pada anak usia dini, sehingga memiliki kepercayaan diri yang bagus. Selain itu anak dapat berinterakaksi dengan teman-temanya yang lain dan mengembangkan kemampuanya.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2021