Di zaman sekarang ini, perkembangan dunia fashion semakin tinggi, salah satu yang paling berkembang adalah tren sepatu. Semakin berkembangnya tren sepatu seiring zaman, maka semakin banyak merek produk sepatu yang beredar di pasaran. Saat ini persaingan antar merek dapat diamati melalui produk seaptu, khususnya sneaker (sepatu bersol karet). Banyaknya merek dan produk sepatu saat ini mendorong konsumen untuk mengidentifikasi dan mengambil keputusan untuk menentukan merek ideal yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginannya. Melihat fenomena tersebut, Converse sebagai salah satu merek sepatu yang menempati posisi ketiga, juga harus meningkatkan brand awareness dan brand image mereka untuk bisa menjadi merek sepatu nomor satu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh brand awareness dan brand image terhadap purchase decision dan repurchase intention sepatu Converse sehingga Converse dapat menggunakan hasil penelitian ini untuk menentukan strategi bersaing yang tepat untuk produknya. Penelitian ini disebarkan kepada responden yang pernah membeli sepatu Converse lebih dari satu kali dan berdomisili di kota Surabaya dengan jumlah 140 responden. Penelitian ini menggunakan metode structural equation model (SEM) dan software AMOS 23 untuk pengolahannya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel brand awareness berpengaruh positif dan signifikan terhadap purchase decision, variabel brand image berpengaruh positif dan signifikan terhadap purchase decision, variabel brand awareness berpengaruh positif dan signifikan terhadap repurchase intention, variabel brand image berpengaruh positif dan signifikan terhadap repurchase intention, dan variabel purchase decision berpengaruh positif dan signifikan terhadap repurchase decision.
Copyrights © 2021