BIOMA : Jurnal Biologi dan Pembelajarannya
Vol 1 No 1 (2019): BIOMA: Jurnal Biologi dan Pembelajarannya

Pengaruh Penerapan Metode Resitasi Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa SMA

M Irfan (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2019

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi experiment) yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh penggunaan metode resitasi tehadap hasil belajar kognitif siswa kelas XI semester 2 pada pokok bahasan sistem pertahanan tubuh. Hipotesis penelitian adalah penggunaan metode resitasi berpengaruh secara signifikan tehadap hasil belajar kognitif siswa kelas XI semester 2 pokok bahasan sistem pertahanan tubuh. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Tanete Riaja semester genap tahun ajaran 2012/2013 yang terdiri atas 3 kelas. Metode pengambilan sampel adalah random sampling. Sampel penelitian dipilih 2 kelas yaitu kelas XI IPA3 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA2 sebagai kelas kontrol. Data dikumpulkan melalui pemberian tes hasil belajar pada ranah kognitif dan dianalisis secara deskriptif dan inferensial. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa pada kelas yang diajar dengan menggunakan metode resitasi sebesar 80.24, sedangkan kelas yang diajar tanpa menggunakan metode resitasi sebesar 71.10. Analisis statistik inferensial yang digunakan ada tiga, yaitu uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Hasil uji hipotesis diperoleh nilai sig (2-tailed) 0,000 < α (0,05) maka hipotesis H0 ditolak dan H1 diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa metode resitasi berpengaruh terhadap hasil belajar kognitif biologi siswa. Kata kunci: metode resitasi, hasil belajar kognitif

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

bioma

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Humanities Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education Immunology & microbiology

Description

BIOMA : Jurnal Biologi dan Pembelajarannya diterbitkan oleh  Universitas Sulawesi Barat. Terbit dua kali dalam setahun (Juni dan Desember) dengan tujuan sebagai media komunikasi ilmiah bidang Biologi dan pembelajarannya yang diangkat dari hasil penelitian atau studi literature. Redaksi menerima ...