BIOMA : Jurnal Biologi dan Pembelajarannya
Vol 2 No 2 (2020): BIOMA: Jurnal Biologi dan Pembelajarannya

PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI METODE PEMBELAJARAN PROBLEM POSING DI SMA NASIONAL MAKASSAR

Muh. Sri Yusal (Program Studi Pendidikan Biologi, STKIP Pembangunan Indonesia Makassar)



Article Info

Publish Date
29 Dec 2020

Abstract

Model pembelajaran problem posing merupakan salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam proses belajar mengajar. Siswa dapat membiasakan diri dalam hal berpikir kreatif dan menganalisis permasalahan sehingga dapat menemukan solusi atas soal yang telah diberikan. Metode ini dicirikan dengan adanya kegiatan menyusun soal secara individu kemudian merumuskan kembali apa yang telah dibuat siswa itu sendiri dengan beberapa perubahan agar lebih simple atau lebih sederhana serta mudah dimengerti. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas SMA Nasional Makassar melalui model pembelajaran problem posing. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas atau (Classroom Action Research). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X3 SMA Nasional Makassar yang berjumlah 40 orang siswa. Tes dilakukan setiap akhir siklus I dan II setelah mengikuti proses belajar mengajar berlangsung. Analsis data dilakukan secara deskriptif. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukan bahwa penggunaan model pembelajaran problem posing pada konsep ruang lingkup biologi dapat dilaksanakan dengan baik dan hasil belajar siswa mengalamai peningkatan dari siklus ke siklus. Niali rata-rata yang diperoleh pada siklus I adalah 68,20 dan siklus II 89,40. Hal ini juga menunjukkan bahwa telah terjadi peningkatan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran problem posing.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

bioma

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Humanities Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education Immunology & microbiology

Description

BIOMA : Jurnal Biologi dan Pembelajarannya diterbitkan oleh  Universitas Sulawesi Barat. Terbit dua kali dalam setahun (Juni dan Desember) dengan tujuan sebagai media komunikasi ilmiah bidang Biologi dan pembelajarannya yang diangkat dari hasil penelitian atau studi literature. Redaksi menerima ...