JEMBATAN (Jurnal Ekonomi, Manajemen, Bisnis, Auditing, dan Akuntansi)
Vol 6 No 2 (2021): JEMBATAN (Jurnal Ekonomi, Manajemen, Bisnis, Auditing, dan Akuntansi)

PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA JASA TRANSPORTASI ONLINE MAXIM DI KOTA PALEMBANG

Dian Utari (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Mulia Darma Pratama)
Nandiansi Rima Amanda (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Mulia Darma Pratama)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2021

Abstract

Seiring perkembangan jaman serta ilmu pengetahuan dan teknologi yang canggih, sarana transportasi dan komunikasipun semakin mudah sehingga membuat aktivitas manusia semakin cepat dan praktis salah satunya dengan munculnya penyedia jasa transportasi berbasis online. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah kualitas pelayanan (tangibles, reliability, responsiveness, assurance, dan empathy) dan harga berpengaruh secara simultan dan parsial terhadap kepuasan pelanggan maxim?. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah kualitas pelayanan (tangibles, reliability, responsiveness, assurance, dan empathy) dan harga berpengaruh secara simultan dan parsial terhadap kepuasan pelanggan maxim. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis varifikatif. Hasil penelitian secara simultan diperoleh nilai Fhitung sebesar 7,821 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05 (0,000 < 0,05) maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis alternatif diterima dan hipotesis nol ditolak, artinya variabel kualitas pelayanan (tangibles, reliability, responsiveness, assurance, dan empathy) dan harga secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan maxim. Hasil penelitian secara parsial diperoleh nilai thitung untuk variabel tangibles, reliability, responsiveness, assurance, empathy dan harga masing-masing 1,344, 0,390, 1,415, -1,362, 1,739 dan 3,029 dengan tingkat signifikansinya sebesar 0,188, 0,699, 0,166, 0,183, 0,091 dan 0,005. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa variabel tangibles, reliability, responsiveness dan assurance tidak mempunyai pengaruh signifikan secara parsial terhadap kepuasan pelanggan maxim, sedangkan variabel empathy mempunyai pengaruh tetapi tidak signifikan terhadap kepuasan pelanggan maxim dan variabel harga mempunyai pengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan maxim.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jembatan

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

JEMBATAN adalah sebuah medium yang digunakan oleh Mulia Darma Pratama untuk menjembatani civitas akademika termasuk akademisi dan mahasiswa dalam melaksanakan salah satu unsur Tri Darma Perguruan Tinggi yaitu penelitian pada bidang Jurnal Ekonomi, Manajemen, Bisnis, Auditing, dan Akuntansi, baik ...