Dawuh Guru: Jurnal Pendidikan MI/SD
Vol 2 No 1 (2022): Februari 2022

Pemanfaatan Aplikasi Quizizz sebagai Media Penilaian Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam

Dhian Nuri Rahmawati (UST)
Ana Fitrotun Nisa (Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta)
Dwi Astuti (Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta)
Fajariyani Fajariyani (Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta)
Suliyanti Suliyanti (Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
25 Feb 2022

Abstract

Proses penilaian belajar siswa merupakan komponen penting sebagai upaya memperoleh informasi capaian pembelajaran. Pemanfaatan teknologi (komputasi) membuat proses ini lebih efektif. Quizizz menjadi salah satu platform yang diharapkan mampu menarik minat, dan menambah konsenterasi siswa. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif untuk menggambarkan kondisi minat dan konsentrasi belajar siswa kelas VI di SDN Banjarharjo. Penelitian ini menggunakan berbagai insturmen untuk mengumpulkan data (1) lembar obeservasi, (2) kuesioner/angket respon peserta didik; (3) lembar pedoman wawancara sebagai pendukung hasil kuesioner respon peserta didik. Hasil penelitian memberikan gambaran bahwa aplikasi Quizizz dapat meningkatkan minat dan konsentrasi siswa dalam mengerjakan soal penailian untuk mencapai hasil yang maksimal.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

dawuhguru

Publisher

Subject

Humanities Chemical Engineering, Chemistry & Bioengineering Education Social Sciences

Description

Fokus kajian dari Dawuh Guru: Jurnal Pendidikan MI/SD adalah segala hal yang berhubungan dengan pendidikan dasar pada jenjang MI/SD. Ruang lingkupnya meliputi: - Pendidikan Nilai dan Karakter - Pengembangan Kurikulum MI/SD - Pembelajaran PAI, Tematik, Bahasa Indonesia, PPKn, Matematika, IPA, IPS, ...