Dawuh Guru: Jurnal Pendidikan MI/SD
Vol 2 No 1 (2022): Februari 2022

Efektifitas Budaya Literasi dalam Meningkatkan Keterampilan 4C Siswa Sekolah Dasar

Muhammad Fauzan Muttaqin (Institut Daarul Qur'an Jakarta)
Hofipah Rizkiyah (Institut Daarul Qur'an Jakarta)



Article Info

Publish Date
25 Feb 2022

Abstract

Gerakan literasi sekolah merupakan program pemerintah yang sedang gencar di terapkan. Gerakan tersebut dilaksanakan melalui Budaya literasi. Adanya budaya literasi sangat membantu para siswa dalam mempengaruhi keterampilan 4C pada diri siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis budaya literasi pada keterampilan 4C siswa. Metode yang digunakan penelitian yaitu kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu triangulasi sumber dan triangulasi teknik di mana melalui proses pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, verifikasi data/ kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan budaya literasi yang sudah berjalan berlangsung sangat efektif budaya literasi membuat para siswa mempunyai keterampilan 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking and Problem Solving, dan Creativity and Innovation) yang baik.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

dawuhguru

Publisher

Subject

Humanities Chemical Engineering, Chemistry & Bioengineering Education Social Sciences

Description

Fokus kajian dari Dawuh Guru: Jurnal Pendidikan MI/SD adalah segala hal yang berhubungan dengan pendidikan dasar pada jenjang MI/SD. Ruang lingkupnya meliputi: - Pendidikan Nilai dan Karakter - Pengembangan Kurikulum MI/SD - Pembelajaran PAI, Tematik, Bahasa Indonesia, PPKn, Matematika, IPA, IPS, ...