Indonesian Journal of Adult and Community Education (IJACE)
Vol 3, No 1 (2021)

UPAYA MEMBANGUN KERJASAMA TIM EFEKTIF PEGAWAI RUMAH SAKIT PARU ROTINSULU MELALUI METODE OUTBOUND PADA PELATIHAN CAPACITY BUILDING DI LEMBAGA PELATIHAN PT DUTA TRANSFORMASI INSANI (DTI) BANDUNG

Nusaibah, Laela Nurbayani (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Aug 2021

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi adanya pengembangan kerjasama tim pegawai Rumah Sakit Paru Rotinsulu dalam rangka pengembangan kapasitas sumber daya manusia. Lembaga Pelatihan PT Duta Transformasi Insani merupakan lembaga yang menyelenggarakan pelatihan capacity building bagi pegawai RS Paru Rotinsulu dengan metode outbound. Penelitian membahas mengenai upaya membangun kerjasama tim efektif pegawai RS melalui metode outbound. Tujuan penelitian adalah mengetahui gambaran pelatihan capacity building di Lembaga Pelatihan PT DTI, mengetahui tahapan penerapan metode outbound, mengetahui kerjasama tim setelah mengikuti pelatihan, mengetahui faktor pendorong dan penghambat pelatihan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan studi dokumentasi. Subjek penelitian terdiri dari dua informan pengelola Lembaga Pelatihan PT DTI dan tiga orang pegawai RS Paru Rotinsulu. Hasil pelatihan dapat disimpulkan: gambaran pelatihan capacity building di PT DTI secara garis besar sudah memenuhi standar baik,  memperhatikan aspek-aspek komponen dalam pengelolaan program pelatihan. Tahapan penerapan metodeoutbound dilakukan berdasarkan prinsip experiential learning. Kerjasama tim pegawai lebih efektif karena outbound memberi manfaat secara sosiologis, psikologis dan spiritual. Faktor pendukung pelatihan adalah lokasi, sarana prasarana dan trainer. Faktor penghambat pelatihan adalah minimnya keberfungsian fasilitator dan kemampuan berenang peserta. Rekomendasi penelitian adalah lembaga melakukan pre test dan post test untuk mempermudah dalam mengukur keberhasilan pembelajaran sebagai salah satu bahan evaluasi program.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

IJACE

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences Other

Description

Indonesian Journal of Adult and Community Education (IJACE) is an open access and peer-reviewed journal, published by Department Community Education, Faculty of Education Universitas Pendidikan Indonesia. This Journal collaborative with Indonesian Community Education Association (APENMASI) which is ...