Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD)
JRPD Volume 2 Nomor 2, September 2021

Pembelajaran Daring dalam Meningkatkan Kemandirian Belajar Peserta Didik Kelas 3 Sekolah Dasar

Anggoro Dwi Putra (Universitas Muhammadiyah Purwokerto)
Dhi Bramasta (Universitas Muhammadiyah Purwokerto)



Article Info

Publish Date
26 Sep 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis pembelajaran daring dalam meningkatkan kemandirian belajar peserta didik kelas III SD Negeri 8 Kranji Purwokerto Timur. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru kelas III, orang tua siswa dan peserta didik kelas III SD Negeri 8 Kranji Purwokerto Timur. Teknik dan instrumen pengumpulan data penelitian ini dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran daring dalam penyampaian materi pembelajaran menjadi lebih rapi, sistematis, terstruktur dan meningkatkan kemandirian serta tanggungjawab peserta didik. Kendala pembelajaran daring yaitu tidak semua siswa memiliki antusias, serta tidak semua siswa bisa mengikuti pembelajaran karena siswa belum mempunyai gadget sendiri.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jrpd

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD) adalah jurnal ilmiah nasional yang menyajikan artikel dari hasil pemikiran dan penelitian di bidang pendidikan dasar dan bidang lainnya yang relevan, meliputi bidang: 1. Pendidikan Dasar 2. Inovasi Pembelajaran 3. Evaluasi Pembelajaran 4. Pengembangan Kurikulum ...