Jurnal Komunikasi dan Media
Vol 2, No 1: November 2021

Pengaruh Motif Penggunaan Media Sosial Dan Kualitas Informasi Akun Instagram @Indozone.id Terhadap Kepuasan Followers Generasi Z Dalam Memperoleh Informasi

Syahra Safriana (Universitas Gunadarma)
Nuriyati Samatan (Universitas Gunadarma)



Article Info

Publish Date
08 Jun 2022

Abstract

@Indozone.id adalah akun Instagram yang selalu memberikan informasi yang sangat bermanfaat dengan berbagai kategori informasi yang dapat memudahkan seseorang mencari informasi yang dibutuhkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan melihat adakah pengaruh antara motif penggunaan media sosial dan kualitas akun Instagram @Indozone.id terhadap kepuasan followers generasi z. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori uses and gratification.  Hasil dalam penelitian ini adalah pada uji T antara motif penggunaan media terhadap kepuasan follower mendapatkan nilai Fhitung (4.692) Ftabel (1.966) dengan nilai signifikasi (0.000) (0.05) yang berarti terdapat pengaruh secara parsial antara motif penggunaan media terhadap kepuasan followers. Uji T pada kualitas informasi dan kepuasan followers mendapatkan nilai Fhitung (8.374) Ftabel (1.966) dengan nilai signifikasi (0.000) (0.05) yang berarti terdapat pengaruh secara parsial antara kualitas informasi dengan kepuasan followers. Pada uji F diperoleh Fhitung (66. 649) Ftabel (3. 019) dengan nilai signifikasi (0.000 0.05) yang berarti bahwa terdapat pengaruh secara simultan antara motif penggunaan media sosial dan kualitas informasi akun Instagram @Indozone.id terhadap kepuasan followers generasi z dalam memperoleh informasi. Pada uji koefisien determinasi diperoleh determinasi R sebesar 0.533 atau 53.3 %, nilai ini menjelaskan bahwa kepuasan followers generasi z dipengaruhi oleh motif penggunaan media sosial dan kualitas informasi akun Instagram Indozone.id sebesar 53.3%.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jkm

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Artikel yang diterbitkan adalah artikel hasil penelitian, baik penelitian lapangan, analisis teks, maupun studi literatur. Topik artikel yang difokuskan dalam jurnal ini adalah komunikasi strategis, komunikasi publik, kajian media dan budaya, jurnalisme, dan teknologi komunikasi dan ...