Jurnal Komunikasi dan Media
Vol 2, No 1: November 2021

Pengaruh Kredibilitas dan Terpaan Iklan Gojek Versi “BTX - It's Okay To Be Lebay” di Youtube Terhadap Keputusan Menggunakan Jasa Gojek Pada Era New Normal

Astiyani Lestari (Universitas Gunadarma)
Budi Santoso (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Jun 2022

Abstract

Kredibilitas adalah persepsi yang dimiliki oleh khalayak tentang komunikator. Dampak pesan terhadap khalayak dipengaruhi oleh bagaimana khalayak memandang pengirim pesan atau bagaimana kredibilitas komunikator dalam pandangan khalayak. Iklan adalah elemen komunikasi pemasaran yang persuasif, nonpersonal, dibayar oleh sponsor, dan disebarkan melalui saluran komunikasi massa untuk mempromosikan pemakaian barang atau jasa. Pengambilan keputusan diartikan sebagai proses manusia yang didasarkan pada premis nilai dan fakta serta berdasarkan fenomena personal dan sosial, yang bertujuan untuk menentukan pilihan dari berbagai pilihan untuk bergerak menuju situasi yang ideal. Judul penelitian ini adalah Pengaruh Kredibilitas dan Terpaan Iklan Gojek Versi “BTX - It's Okay To Be Lebay” Di YouTube Terhadap Keputusan Menggunakan Jasa Gojek Pada Era New Normal. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori S-O-R dan teori AIDDA. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei dan pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan menggunakan rumus Slovin didapatkan 400 responden. Hasil dari analisis penelitian ini adalah variabel kredibilitas dan terpaan iklan, keduanya secara simultan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian. Kesimpulan dari hasil penelitian ini ialah pada kedua variabel independen yaitu kredibilitas dan terpaan iklan Gojek versi “BTX - It's Okay to be Lebay” di YouTube terhadap variabel dependen keputusan menggunakan jasa Gojek pada era new normal terdapat pengaruh yang signifikan. Saran untuk para peneliti selanjutnya yang akan melakukan penelitian dengan objek yang sama, maka disarankan untuk mengubah variabel independen dan juga masih banyak faktor lain yang dapat mempengaruhi keputusan pembelian pengguna Gojek selain faktor kredibilitas dan terpaan iklan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jkm

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Artikel yang diterbitkan adalah artikel hasil penelitian, baik penelitian lapangan, analisis teks, maupun studi literatur. Topik artikel yang difokuskan dalam jurnal ini adalah komunikasi strategis, komunikasi publik, kajian media dan budaya, jurnalisme, dan teknologi komunikasi dan ...