Peranan Guru dalam Memanejemen Kelas untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa kelas VI (Studi pada SD Inpres 6/75 Manurunge Kec. Tanete Riattang Kab. Bone)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara manajemen kelas dengan minat belajar siswa kelas VI. Penelitian yang dilkukan pada SD Inpres 6/75 Manurunge Kecamatan Tanete Riattang Kabupaten Bone dengan populasi sebanyak 25 orang yang terdiri dari 10 orang laki-laki dan 15 orang perempuan. Karena jumlah populasniya kurang dari 100 orang, maka seluruh populasi dijadikan sampel (sampel total). Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan angket. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis statistik yakni analisis produk moment.Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai “rxy” yang diperoleh = 1,179 dengan N = 25 dan bila dikonsultasikan dengan nilai “r” tabel pada produk moment baik pada taraf signifikasi 5% yaitu 0,396 maupun pada taraf signifikasi 1% = 0,505, ini berarti nilai “r” hitung yang diperoleh jauh lebih besar dari pada “r” tabel (1,791 > 0,505). Dengan demikian dapat dikatakan bahwa ada hubungan antara manajemen kelas dengan minat belajar siswa kelas VI pada SD Inpres 6/75 Manurunge Kecamatan Tanete Riattang Kabupaten Bone
Copyrights © 2022