Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar Indonesia
Vol. 1 No. 2 (2022): MARET

Aplikasi Articulate Storyline Tentang Pencegahan Virus Covid-19 Untuk Siswa Sekolah Dasar

Andre Kurniadi (Universitas Ahmad Dahlan)
Dholina Inang Pambudi (Universitas Ahmad Dahlan)



Article Info

Publish Date
01 Mar 2022

Abstract

Penerapan protokol kesehatan dimasa pandemi masih belum dipahami dengan baik oleh siswa dikarenakan edukasi yang masih kurang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui langkah pengembangan dan kualitas media aplikasi interaktif Articulate Storyline tentang pencegahan penularan virus Covid-19. Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Pada penelitian ini, peneliti akan fokus pada rancangan dan pengembangan. Instrumen pengumpulan data menggunakan penilaian ahli media, materi, dan bahasa. Analisis data penelitian ini menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif di analisis secara deskriptif dengan menganalisis kritik, saran, dan tanggapan yang di peroleh dari para ahli. Sedangkan, data kuantitatif didapatkan dari angket penilaian para validator ahli dan respon guru. Penilaian tersebut di ubah ke dalam bentuk persentase dengan menggunakan rumus dan dikategorikan sesuai dengan skala kualitas media tersebut. Hasil penelitian ini menunjukkan media aplikasi Articulate Storyline tentang pencegahan penularan virus Covid-19 yang dikembangkan dan mendapatkan penilaian dari ahli baik digunakan sebagai pendampingan pembelajaran.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

judikdas

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

JUDIKDAS: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar Indonesia adalah jurnal ilmiah yang bertujuan untuk mempublikasikan hasil penelitian yang orisinil dan memuat isu-isu terkini di bidang pendidikan dasar dengan kualitas terbaik yang meliputi Manajemen pendidikan, Strategi dan Inovasi Pembelajaran, Alat dan ...