Penelitian ini akan mengembangkan produk berupa instrumen penilaian sikap toleransi untuk siswa kelas tinggi menggunakan skala likert sehingga dapat membantu guru dalam menilai sikap toleransi peserta didik dengan lebih akurat. Instrumen sikaptoleransi dapat dibuat dengan menggunakan 3 proses yaitu: 1) study pendahuluan, 2) menyusun instrumen dan 3) pengujian produk. Studi pendahuluan dilaksanakan dengan cara survei lapangan dan studi pustaka.Tetapi survei lapangan dilakukan terbatas karena pandemi covid 19. Pada tahap studi pustaka berfungsi untuk mempelajari teori-teori yang digunakan sebagai dasar dalam pembuatan dan pengembangan produk instrumen penilaian sikap toleransi.Selanjutnya menyusun instrumen sekaligus membuat kisi-kisi instrumen. Pengujian produk dilaksanakan dengan cara uji validitas produk oleh ahli bahasa, ahli materi sikap dan ahli metode pembelajaran. Hasil dari validasi memperoleh hasil 91% dari ahli bahasa, 73% dari ahli materi sikap dan 76% dari ahli metode pembelajaran. Berdasarkan hasil tersebut maka instrumen yang telah dibuat oleh peneliti dapat digunakan untuk mengukur sikap toleransi kelas tinggi sekolah dasar.
Copyrights © 2021