Tujuan kajian ini adalah untuk mengetahui kebijakan pemerintah terhadap pendidikan Indonesia pada periode Orde Lama (periode 1945 – 1966). Kajian ini menggunakan jenis deskriptif kualitatif dengan metode penelitian studi kepustakaan, yaitu suatu cara pengumpulan data di perpustakaan, dengan menggunakan karya ilmiah, buku, jurnal serta artikel lainnya yang berhubungan dengan penelitian. Hasil penelitian membahas mengenai kebijakan pemerintah terhadap kondisi pendidikan pada masa Orde Lama. Periode Orde Lama sendiri berlangsung dari tahun 1945 sampai tahun 1965 dibawah kekuasaan Presiden Soekarno. Pemerintah pada periode ini mengeluarkan banyak kebijakan terhadap pendidikan nasional. Setelah proklamasi, pendidikan di Indonesia berlandaskan UUD 1945 serta Pancasila yang baru saja menjadi falsafah negara. Salah satunya pasal 31 UUD tahun 1945 yang mengatur tentang penyelenggaraan pendidikan. Untuk sistem pendidikan, periode ini diteruskan seperti zaman penjajahan Jepang. Namun untuk rencana pembelajaran sama seperti pada umumnya serta bahasa Indonesia disahkan sebagai bahasa pengantar resmi untuk sekolah. Dapat disimpulkan pendidikan di era Orde Lama berkembang lebih signifikan dari masa sebelumnya, terlihat dari kebijakan-kebijakan yang dibuat dalam membangun struktur pendidikan nasional Indonesia yang kuat.
Copyrights © 2021