Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi transformasi keyakinan calon guru di sebuah fakultas pendidikan, universitas swasta di Jakarta melalui Program Pengalaman Lapangan (PPL) bertahap yang disebut dengan School Experience Program (SEP). Penelitian ini didasari oleh modifikasi PPL yang dilakukan dengan mengirimkan mahasiswa calon guru ke sekolah secara bertahap mulai dari semester pertama. Hal ini berbeda dengan pelaksanaan PPL di mayoritas fakultas keguruan di Indonesia yaitu dengan mengirimkan calon guru ke sekolah pada semester akhir dalam jangka waktu tertentu. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus agar dapat menjawab pertanyaan ekplorasi mendalam mengenai transformasi keyakinan calon guru dan program SEP. Instrumen yang akan digunakan adalah dokumentasi, pengamatan langsung, dan wawancara mendalam. Prosedur penelitian studi kasus dilakukan dengan 10 tahap yaitu 1) pemilihan tema, topik, dan kasus, 2) pembacaan literatur, 3) perumusan fokus dan masalah penelitian, 4) pengumpulan data, 5) penyempurnaan data, 6) pengolahan data, 7) analisis data, 8) dialog teoritik, 9) triangulasi temuan, dan 10) simpulan hasil penelitian dan pelaporan. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa melalui SEP mahasiswa calon guru membentuk keyakinan mengenai teori, keyakinan akan peran individu dalam mengajar, keyakinan akan profesi guru, dan keyakinan akan unsur pendidikan
Copyrights © 2021