EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 3, No 3 (2021): June Pages 631-1091

Analisis Kecemasan Akademis Melalui Self Efficacy dan Dukungan Sosial pada Siswa SMK Jurusan Akuntansi

Shabilla Yasmin Priyanti (Universitas Negeri Jakarta, Indonesia)
Mardi Mardi (Universitas Negeri Jakarta, Indonesia)
Achmad Fauzi (Universitas Negeri Jakarta, Indonesia)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2021

Abstract

Penelitian diawali munculnya masalah kecemasan akademis pada siswa di SMK Akuntansi, akibat perubahan proses pembelajaran selama COVID 19 dan bersamaan menumpuknya tugas sekolah. Tujuan penelitian ialah menganalisis kecemasan akademis melalui self efficacy dan dukungan sosial pada siswa kelas XII Akuntansi. Pendekatan yang digunakan merupakan pendekatan kuantitatif dan menggunakan metode survei, data dikumpulkan menggunakan kuesioner dengan skala Likert. Sampel menggunakan 103 siswa dengan teknik proportional random sampling. Data penelitian di analisis dengan SPSS versi 27.  Hasil uji-T menggambarkan self efficacy dan dukungan sosial berpengaruh negatif signifikan terhadap kecemasan akademis secara parsial. Sedangkan menggunakan uji-F disimpulkan self efficacy dan dukungan sosial berpengaruh signifikan terhadap kecemasan akademis secara simultan. Self efficacy dan dukungan sosial memiliki kontribusi 46,6% untuk memprediksi kecemasan akademis. Penelitian ini berkontribusi terhadap pembuktian secara empiris mengenai pengaruh self efficacy dan dukungan sosial dengan kecemasan akademis yang dialami peserta didik

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...