EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 4, No 2 (2022): April Pages 1601- 3200

Analisis Kesulitan Belajar Siswa Kelas IV Materi Bangun Datar di Sekolah Dasar

Sabrina Simbolon (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia)
Sapri Sapri (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia)



Article Info

Publish Date
03 Mar 2022

Abstract

Matematika menjadi satu pengetahuan harus dipahami sejak dini karena keterkaitannya dengan pengetahuan yang lainnya sangatlah kuat untuk melanjutkan pada jenjang berikutnya. Materi terkait adalah bangun datar merupakan cakupan dari geometri bangun datar adalah satu bangun dua dimensi yang hanya memiliki panjang dan lebar yang dibatasi garis lurus atau lengkung.  Penelitian dibuat guna untuk menganalisis kesulitan belajar siswa kelas IV UPTD SD Negeri 18 Sumber makmur, dalam menjawab soal mengenai bangun datar. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif eksploratif dimana bentuk tes uraian tertulis berisikan soal perhitungan keliling dan luas bangun datar yang diberikan kepada 19 siswa  kelas IV UPTD SD Negeri 18 Sumber makmur. Hasil analisis menunjukkan bahwa masih ada kesulitan yang dihadapi oleh siswa di dalam menjawab soal bangun datar diantaranya kurangnya kemampuan dalam memahami konsep bangun datar, kurangnya ketelitian siswa dalam menghitung perkalian ketika menggunakan persamaan keliling dan bangun datar, dan pembelajaran persamaan keliling yang kurang memadai. dan keinginan  untuk kembali belajar

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...