Permasalahan yang banyak ditemukan di sekolah dasar yaitu lembar kerja peserta didik (LKPD) yang digunakan dalam proses pembelajaran hanya berupa lembaran soal sehingga hanya menitikberatkan kemampuan verbalisme untuk memberikan jawaban tanpa mengetahui bagaimana mengkritisinya. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan dan mengetahui kelayakan pengembangan lembar kerja pesera didik (LKPD)  berbasis inkuiri untuk meningkatkan critical thinking peserta didik kelas V SD. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (RnD) yang mengadaptasi model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yaitu analysis (analisis), design (desain), develpoment (pengembangan), implementation (implementasi),  dan evaluation (evaluasi). Namun pada penelitian ini dilakukan hanya sampai dengan tahap development. Hasil validasi ahli materi, ahli bahasa, dan ahli media secara  berurutan diperoleh skor  85%, skor 65,33%, dan skor 79%. Berdasarkan hasil validasi LKPD secara keseluruhan diperoleh skor 76,44% dengan kategori layak. Sehingga dapat dinyatakan LKPD berbasis inkuiri untuk meningkatkan critical thinking peserta didik kelas V sekolah dasar pada muatan IPA layak untuk digunakan
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2021