Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) pada siswa kelas V SD dengan menggunakan model pembelajaran Make A Match. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus. Masing-masing siklus yang diteliti terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tes awal sebelum melakukan tindakan menunjukkan bahwa siswa yang memperoleh nilai ≥ 65 berjumlah 6 orang dari 28 siswa dengan presentasi 21,42% sedangkan siswa yang tidak memperoleh nilai ≤ 65 berjumlah 22 orang dengan presentasi 78,57%. Pada siklus 1 menunjukkan adalnya peningkatan dimana Siswa yang memperoleh nilai 65 sebanyak 14 orang siswa atau sebesar 50% dengan nilai rata-rata 61,96. Siklus 2 juga mengalami peningkatan dari siklus 1 dimana siswa yang memperoleh nilai 65 sebanyak 23 orang siswa atau sebesar 82,14 % dengan nilai rata-rata 72,32. Dari hasil observasi, evaluasi dan refleksi pada setiap tindakan kelas, maka dapat disimpulkan bahwa kemampuan siswa kelas VSD Negeri 6 Kota Baubau dalam menyelesaikan soal-soal ilmu pengetahuan sosial tentang kenampakan alam di Indonesia dapat ditingkatkan melalui pembelajaran Make A Match
Copyrights © 2021