EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 3, No 5 (2021): October Pages 1880-3500

Keefektifan Media Animasi dalam Meningkatkan Keterampilan Mendongeng Pada Siswa Sekolah Menengah Pertama

Mutiara Oktavia Samosiri (Universitas Singaperbangsa Karawang, Indonesia)
Wienike Dinar Pratiwi (Universitas Singaperbangsa Karawang, Indonesia)
Een Nurhasanah (Universitas Singaperbangsa Karawang, Indonesia)



Article Info

Publish Date
20 Aug 2021

Abstract

Rendahnya motivasi berbicara, dan rasa kurang percaya diri menjadikan peserta didik tidak terbiasa mengutarakan gagasannya di depan kelas maupun secara daring. Pembelajaran dongeng yang monoton, dan kurangnya kreativitas pendidik dalam menyediakan pembelajaran juga menjadikan peserta didik kurang dapat memahami. Media pembelajaran sangat penting sebagai penunjang kesuksesan belajar sehingga, peneliti menggunakan media animasi yang diharapkan dapat meningkatkan motivasi dan ketertarikan dalam pembelajaran mendongeng. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII SMPN 10 Bekasi. Metode pemilihan sampel dalam penelitian ini adalah metode purposive sampling dengan kelas kontrol berjumlah 38 peserta didik dan kelas ekperimen yaitu berjumlah 40 peserta didik. Berdasarkan data yang diperoleh dari hasil postest kemampuan bercerita peserta didik, pada kelas eksperimen memperoleh hasil pretest 34.25 dan hasil postest 68.50. Sementara itu, nilai rata-rata postest kelas kontrol memiliki hasil pretest 32.66 dan hasil postest 54.55. Dilihat dari nilai rata-rata antara pretest dan postest pada kelas eksperimen terdapat peningkatan yang tinggi yaitu 34.25. Sementara itu, nilai rata-rata pretest dan postest kelas kontrol terdapat peningkatan yang cukup tinggi yaitu 21.89. Sehingga, penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media animasi terbukti lebih efektif digunakan dalam pembelajaran mendongeng.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...