EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 4, No 2 (2022): April Pages 1601- 3200

Analisis Miskonsepsi Siswa SMA: Menggunakan Instrumen Three Tier Multiple Choice pada Materi Struktur Atom dengan Teknik Certanty of Response Index (CRI)

Mellyzar Mellyzar (Universitas Malikussaleh, Indonesia)
Fakhrah Fakhrah (Universitas Malikussaleh, Indonesia)
Isnani Isnani (Universitas Malikussaleh, Indonesia)



Article Info

Publish Date
04 Mar 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman pada materi Struktur Atom siswa kelas X IPA menggunakan three tier multiple choice. Subyek penelitian ini adalah sebanyak 71 orang kelas X MIA-1 dan X MIA-3 SMA Negeri 1 Muara Batu. Penentuan subyek penelitian dilakukan dengan cara purposive sampling. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan menggunakan instrumen tes diagnostik three tier multiple choice yang sudah divalidasi konstruk oleh Dosen ahli dan validasi kepada siswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan 20 soal tes three tier multiple choice. Tahapan analisis data yakni mengolah danĀ  menganalisis jawaban siswa dan menentukan apakah siswa paham konsep, miskonsepsi atau tidak paham konsep dengan melihat kesesuaian dengan indeks tingkat keyakinan (Certainty of Response Indeks). Dari hasil penelitian diperoleh bahwa tingkat pemahaman siswa pada materi struktur atom terdapat persentase siswa masing-masing 51% siswa yang paham konsep (PK), 38% siswa miskonsepsi (M), dan 11% siswa tidak paham konsep (TPK). Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa tingkat pemahaman siswa melalui tes Three Tier Multiple Choice pada materi struktur atom dikategorikan cukup paham konsep

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...