EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 4, No 2 (2022): April Pages 1601- 3200

Analisis Kebutuhan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android pada Mata Pelajaran Matematika di SMA

Nurbani Nurbani (IKIP PGRI Pontianak)
Henny Puspitasari (IKIP PGRI Pontianak)



Article Info

Publish Date
06 Feb 2022

Abstract

Latar belakang penelitian yaitu belum adanya media pembelajaran berbasis android pada mata pelajaran matematika di SMAS 2 Muhammadiyah Pontianak. Pada masa Pandemic Covid 19, siswa diwajibkan untuk belajar secara mandiri di rumah. Untuk bisa belajar mandiri, siswa membutuhkan media pembelajaran berbasis android untuk bisa digunakan dengan menggunakan handphone. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kebutuhan sarana akan media pembelajaran berbasis android pada matapelajaran Matematika di SMAS 2 Muhammadiyah Pontianak. Metode dalam penelitian ini yaitu kuantitatif. Variabel penelitian ini yaitu analisis kebutuhan pengembangan media pembelajaran berbasis android. Teknik analisis data yang digunakan  dalam penelitian ini menggunakan uji deskriptif. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa analisis kebutuhan siswa akan penggunaan media pembelajaran berbasis Android khususnya pada mata pelajaran Matematika dengan persentase 93,3%. Hal ini menunjukkan bahwa siswa sangat setuju untuk dikembangkan media pembelajaran Android pada mata pelajaran Matematika 

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...