Berdasarkan observasi yang dilakukan peneliti bahwa motivasi belajar X IPS 1 SMA N 14 Surabaya tergolong rendah, sehingga untuk membantu meningkatkan motivasi belajar siswa peneliti mengembangkan media pembelajaran audio visual dengan pendekatan Contextual Teaching Learning (CTL). Tujuan dari penelitian ini yaitu menganalisis kelayakan, kepraktisan serta keefektifan penggunaan media dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Research and Development (RnD) dengan model pengembangan ADDIE yang meliputi : (1) Analysis, (2) Design (3) Development, (4) Implementation, dan (5) Evaluate. Teknik analis data yang digunakan meliputi validasi ahli, kuisioner respon siswa dan kuisioner motivasi belajar yang dianalisis menggunakan analisis gain score. Hasil penelitian ini yaitu media pembelajaran audio visual dengan pendekatan Contextual Teaching Learning (CTL) mendapat skor rata-rata 4,4 dalam kategori sangat layak, prosentase rata-rata kuisioner respon siswa 89,81% dalam kategori sangat layak, dan nilai gain score sebesar 0,77 dalam kategori tinggi. Sehingga diperoleh kesimpulan bahwa media pembelajaran audio visual dengan pendekatan Contextual Teaching Learning (CTL) memenuhi kriteria kelayakan dan kepraktisan serta efektif meningkatkan motivasi belajar siswa X IPS 1 SMA N 14 Surabaya
Copyrights © 2021