EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 3, No 4 (2021): August Pages 1101-2382

Pengembangan Instrumen Penilaian Sikap Sosial Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar

Rahmaudina Andin Nurmalita (Universitas Kristen Satya Wacana, Indonesia)
Naniek Sulistya Wardani (Universitas Kristen Satya Wacana, Indonesia)



Article Info

Publish Date
09 Aug 2021

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan permasalahan yang ada di SD Kabupaten Temanggung yaitu belum adanya instrumen penilaian sikap sosial pembelajaran tematik. Tujuan penelitian ini adalah 1) menghasilkan produk instrumen penilaian sikap sosial pembelajaran tematik terpadu kelas IV dan V, 2) mengetahui tingkat validitas dan reliabilitas instrumen penilaian sikap sosial pembelajaran tematik terpadu kelas IV dan V, 3) mengetahui kualitas instrumen penialian sikap sosial pembelajaran tematik terpadu kelas IV dan V. Jenis penelitian adalah Research and Development (R&D) dengan mengadaptasi prosedur penelitian Sukmadinata yang terdiri dari tiga tahapan, yaitu studi pendahuluan, pengembangan produk, dan pengujian produk. Teknik pengumpulan data menggunakan angket berupa Skala Likert. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) instrumen penilaian sikap sosial terdiri dari 30 butir pernyataan, 2) besarnya validitas instrumen penilaian sikap sosial berturut-turut terdapat 0,472 ≤rhit≥ 0,748, 0,417 ≤rhit≥ 0,698, dan 0,385 ≤rhit≥ 0,712 diatas 0,30, maka instrumen penelitian adalah valid. Reliabilitas yang dihasilkan dari ketiga uji coba berturut-turut menunjukkan α sebesar 0,748, 0,743, dan 0,730, maka instrumen dikategorikan reliabel, 3) Kualitas instrumen penilaian sikap sosial pembelajaran tematik tergolong baik dan layak digunakan. Dari hasil tersebut, maka instrumen penilaian sikap sosial pembelajaran tematik sekolah dasar layak digunakan sebagai alat untuk menilai sikap sosial peserta didik.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...