Proses identifikasi kesalahan pada jawaban mahasiswa dalam menyelesaikan soal pembuktian geometri perlu dilakukan agar tidak menyebabkan kesalahan berulang pada mata kuliah geometri lanjutan. Penelitian ini bermaksud menelaah kesalahan berdasarkan Teori Newman pada jawaban mahasiswa dalam mengerjakan soal pembuktian geometri agar dapat mengetahui karakteristik, penyebab serta solusi meminimalisir kesalahan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan fenomenografi. Sebanyak 15 mahasiswa menjadi subjek penelitian serta instrumen yang digunakan adalah dokumentasi dan pedoman wawancara. Subjek penelitian ini sebanyak 15 mahasiswa serta instrumen yang digunakan yaitu pedoman wawancara dan dokumentasi. Adapun jenis kesalahan berdasarkan Teori Newman yang digunakan dalam penelitian ini adalah: (1) kesalahan membaca representasi simbol matematis; (2) kesalahan memahami masalah pembuktian; (3) kesalahan transformasi masalah pembuktian; (4) kesalahan keterampilan proses pembuktian; dan (5) kesalahan penulisan jawaban. Penelitian ini memperoleh hasil bahwa terdapat beberapa karakteristik kesalahan salah satunya gagal menentukan prosedur pembuktian yang sistematis. Penyebab mahasiswa melakukan kesalahan tersebut dikarenakan tidak memahami hubungan antar konsep terkait informasi yang diketahui. Sering berlatih soal-soal non-rutin dapat dijadikan solusi meminimalisir kesalahan pembuktian geometri
Copyrights © 2021