EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 3, No 3 (2021): June Pages 631-1091

Peningkatan Kompetensi Menyusun Rencana Pembelajaran Melalui Model Project Based Learning Pada Mahasiswa PGSD

Manggu Ngguna Raji (Universitas Flores, Indonesia)
Felix Welu (Universitas Flores, Indonesia)



Article Info

Publish Date
11 May 2021

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan masih kurangnya kemampuan mahasiswa PGSD Uniflor dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran IPS SD. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa PGSD Universitas Flores untuk menyusun perencanaan pembelajaran melalui model project based learning. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan tahapan perencaaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian adalah mahasiswa PGSD Univeristas Flores yang mengikuti perkuliahan desain pembelajaran IPS dengan jumlah sebanyak 34 orang. Data diambil dengan teknik dokumentasi, observasi dan catatan lapangan. Data dianalisis dengan langkah pengumpulan data, penyajian data dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah diterapkan model project based learning kompetensi mahasiswa dalam menyusun perencanaan pembelajaran IPS SD meningkat dari siklus I sebesar 68% menjadi 85% pada siklus II. Dengan demikian, model project based learning dapat meningkatkan kemampuan mahasiswa PGSD Universitas Flores dalam menyusun perencanaan pembelajaran IPS SD

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...