Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan masih kurangnya kemampuan mahasiswa PGSD Uniflor dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran IPS SD. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa PGSD Universitas Flores untuk menyusun perencanaan pembelajaran melalui model project based learning. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan tahapan perencaaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian adalah mahasiswa PGSD Univeristas Flores yang mengikuti perkuliahan desain pembelajaran IPS dengan jumlah sebanyak 34 orang. Data diambil dengan teknik dokumentasi, observasi dan catatan lapangan. Data dianalisis dengan langkah pengumpulan data, penyajian data dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah diterapkan model project based learning kompetensi mahasiswa dalam menyusun perencanaan pembelajaran IPS SD meningkat dari siklus I sebesar 68% menjadi 85% pada siklus II. Dengan demikian, model project based learning dapat meningkatkan kemampuan mahasiswa PGSD Universitas Flores dalam menyusun perencanaan pembelajaran IPS SD
Copyrights © 2021