EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 3, No 5 (2021): October Pages 1880-3500

Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Online dalam Masa Pandemi Covid-19 berdasarkan Persepsi Guru Sekolah Menengah Kejuruan

Lusiani Lusiani (Akademi Maritim Nusantara, Indonesia)



Article Info

Publish Date
13 Jul 2021

Abstract

Tujuan yang akan dicapai yakni menganalisis pelaksanaan pembelajaran online dalam masa pandemi covid-19 berdasarkan persepsi guru Sekolah Menengah Kejuruan. Kajian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian dilakukan bulan Januari 2021 di SMK Bina Bhakti Cilacap secara online. Subjek kajian ini yakni guru di SMK Bina Bhakti yang melaksanakan pembelajaran online dalam masa pandemi covid-19. Wawancara dilakukan pada 10 orang guru yang mengajar di SMK Bina Bhakti. Simpulan penelitian ini yakni pembelajaran online dapat dilaksanakan dalam masa pandemi covid-19, namun memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan. Adapun kelebihan baiknya terus dipertahankan bahkan ditingkatkan sedangkan kekurangan dapat diatasi serta diantisipasi. Beberapa hal dapat dilakukan untuk mempersiapkan pelaksanaan pembelajaran online dengan baik, antara lain: pelatihan penggunaan beragam media pembelajaran online baik bagi guru maupun siswa, pemberian subsidi kouta dengan mempertimbangkan faktor ekonomi, domisili peserta didik, dukungan orang tua dalam memberikan fasilitas belajar siswa saat di rumah, pengalihfungsian dana alokasi media pembelajaran dikelas menjadi online. 

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...