Tujuan yang akan dicapai yakni menganalisis pelaksanaan pembelajaran online dalam masa pandemi covid-19 berdasarkan persepsi guru Sekolah Menengah Kejuruan. Kajian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian dilakukan bulan Januari 2021 di SMK Bina Bhakti Cilacap secara online. Subjek kajian ini yakni guru di SMK Bina Bhakti yang melaksanakan pembelajaran online dalam masa pandemi covid-19. Wawancara dilakukan pada 10 orang guru yang mengajar di SMK Bina Bhakti. Simpulan penelitian ini yakni pembelajaran online dapat dilaksanakan dalam masa pandemi covid-19, namun memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan. Adapun kelebihan baiknya terus dipertahankan bahkan ditingkatkan sedangkan kekurangan dapat diatasi serta diantisipasi. Beberapa hal dapat dilakukan untuk mempersiapkan pelaksanaan pembelajaran online dengan baik, antara lain: pelatihan penggunaan beragam media pembelajaran online baik bagi guru maupun siswa, pemberian subsidi kouta dengan mempertimbangkan faktor ekonomi, domisili peserta didik, dukungan orang tua dalam memberikan fasilitas belajar siswa saat di rumah, pengalihfungsian dana alokasi media pembelajaran dikelas menjadi online.
Copyrights © 2021