EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 3, No 4 (2021): August Pages 1101-2382

Penggunaan Media Video Iklan Layanan Masyarakat di Kanal Youtube terhadap Pembelajaran Menulis Paragraf Persuasi Siswa di Sekolah Menengah Pertama

Elbananda Melati Putri (Universitas Singaperbangsa Karawang, Indonesia)
Wienike Dinar Pratiwi (Universitas Singaperbangsa Karawang, Indonesia)
Een Nurhasanah (Universitas Singaperbangsa Karawang, Indonesia)



Article Info

Publish Date
10 Aug 2021

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya nilai siswa dalam keterampilan menulis paragraf persuasi. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskrpsikan penggunaan media video iklan layanan masyarakat dalam pembelajaran menulis paragraf persuasi pada siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Cikarang Timur. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kuantitatif deskriptif. Dalam penelitian ini terdapat perlakuan berupa media video iklan layanan masyarakat. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelas VIII di Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Cikarang Timur. Pemilihan sampel menggunakan Sampling Purposive yang disarankan oleh guru bidang studi bersangkutan untuk mengambil sampel pada kelas VIII.6 dengan jumlah siswa 29. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kemampuan siswa dalam menulis teks persuasi memperoleh nilai dengan kategori Baik. Hal tersebut dapat dilihat dari rata-rata nilai siswa setelah mendapatkan perlakuan menggunakan media video iklan layanan masyarakat yaitu 72,27. Jadi dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada penggunaan media audio visual terhadap keterampilan menulis paragraf persuasi siswa kelas VIII SMPN 3 Cikarang Timur

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...