Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya nilai siswa dalam keterampilan menulis paragraf persuasi. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskrpsikan penggunaan media video iklan layanan masyarakat dalam pembelajaran menulis paragraf persuasi pada siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Cikarang Timur. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kuantitatif deskriptif. Dalam penelitian ini terdapat perlakuan berupa media video iklan layanan masyarakat. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelas VIII di Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Cikarang Timur. Pemilihan sampel menggunakan Sampling Purposive yang disarankan oleh guru bidang studi bersangkutan untuk mengambil sampel pada kelas VIII.6 dengan jumlah siswa 29. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kemampuan siswa dalam menulis teks persuasi memperoleh nilai dengan kategori Baik. Hal tersebut dapat dilihat dari rata-rata nilai siswa setelah mendapatkan perlakuan menggunakan media video iklan layanan masyarakat yaitu 72,27. Jadi dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada penggunaan media audio visual terhadap keterampilan menulis paragraf persuasi siswa kelas VIII SMPN 3 Cikarang Timur
Copyrights © 2021