EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 3, No 4 (2021): August Pages 1101-2382

Pengaruh Pemberian Layanan Bimbingan dan Konseling Terhadap Komunikasi Interpersonal Siswa SMK

Hadi Widodo (Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Amal Bakti, Indonesia)
Dewi Purnama Sari (Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Amal Bakti, Indonesia)
Fira Astika Wanhar (Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Amal Bakti, Indonesia)
Julianto Julianto (Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Amal Bakti, Indonesia)



Article Info

Publish Date
07 Aug 2021

Abstract

Dalam proses pendidikan di sekolah, siswa merupakan individu yang unik dalam segala karakteristiknya. Kehidupan siswa sangat dinamis dan terus berkembang, memiliki kebutuhan dan dinamika dalam interaksinya dengan lingkungannya. Sebagai pribadi yang unik, terdapat perbedaan antara siswa yang satu dengan yang lainnya. Komunikasi salah satu kendala dalam memberikan pemahaman tentang komunikasi, yaitu banyaknya definisi yang telah dibuat oleh para ahli sesuai dengan bidang penelitiannya masing-masing. Dalam penelitian ini, sumber data penelitian menggunakan teknik “purpose sampling”. Sekolah sebagai lembaga pendidikan berbasis optimalisasi untuk meningkatkan kualitas generasi muda bangsa. Melalui komunikasi interpersonal yang menerapkan semua metode Pembelajaran di sekolah telah berhasil membangun karakter anak sejak dini. Di sekolah menerapkan konsep pembelajaran ringan dan menyenangkan dalam melahirkan generasi muda yang cerdas, aktif dan berkarakter. Strategi komunikasi kelompok yang diterapkan di SMK meliputi perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Komunikasi interpersonal terbukti efektif membantu guru dan siswa dalam proses belajar mengajar di sekolah. Karena melalui komunikasi interpersonal, baik guru maupun siswa dapat saling memahami dan memahami karakter masing-masing sehingga pendidikan dapat berlangsung dengan baik dan efektif. Siswa sekolah tumbuh dan berkembang menjadi pribadi yang cerdas, aktif dan berkarakter kuat. Prestasi yang diraih di sekolah merupakan indikasi keberhasilan komunikasi interpersonal yang diterapkan di Sekolah SMK PPutra Jaya Jabal Rahman

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...