Rendahnya nilai dan minat siswa dalam memahami bacaan di masa Pandemi COVID-19, sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan metode SQ3R terhadap pembelajaran membaca pemahaman teks fiksi di masa pandemi covid-19 pada siswa SMP kelas VII. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif dengan jenis eksperimen dan desain penelitian one grup pretest-posttest desain, dengan teknik pengumpulan data melalui tes (pretest-posttest) dan non tes (observasi dan angket). Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) rata-rata hasil belajar siswa pada nilai posttest sebesar 78 ≥ 75 (KKM) dengan nilai (Sig 0.004 < 0.05), memiliki persentase ketuntasan klaksikal 81% ≥ 80% yang berada pada kategori tinggi, dengan nilai proporsi ketuntasan klaksikal (Sig 0.535 > 0.05). (2) peningkatan nilai (gain ternormalisai) sebesar 0.53 ≥ 0.3 pada kategori sedang, dengan nilai (Sig 0.000 < 0.05). (3) aktivitas siswa memiliki persentase keaktifan 84% ≥ 60% pada kategori sangat aktif. (4) respons siswa memiliki persentase positif sebesar 87.4% > 80% pada kategori positif, dengan nilai proporsi (Sig 0.107 > 0.05). Berdasarkan kriterian keefektifan menunjukan bahwa semua aspek telah terpenuhi melebihi nilai minimum.
Copyrights © 2021