EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 3, No 5 (2021): October Pages 1880-3500

Keefektifan Metode SQ3R dalam Pembelajaran Membaca Pemahaman Teks Fiksi di Masa Pandemi Covid-19 pada Siswa SMP

Rika Afiana (Universitas Singaperbangsa Karawang, Indonesia)
Wienike Dinar Pratiwi (Universtas Singaperbangsa Karawang, indonesia)
Een Nurhasanah (Universtas Singaperbangsa Karawang, indonesia)



Article Info

Publish Date
08 Jul 2021

Abstract

Rendahnya nilai dan minat siswa dalam memahami bacaan di masa Pandemi COVID-19, sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan metode SQ3R terhadap pembelajaran membaca pemahaman teks fiksi di masa pandemi covid-19 pada siswa SMP kelas VII. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif dengan jenis eksperimen dan desain penelitian one grup pretest-posttest desain, dengan teknik pengumpulan data melalui tes (pretest-posttest) dan non tes (observasi dan angket). Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) rata-rata hasil belajar siswa pada nilai posttest sebesar 78 ≥ 75 (KKM) dengan nilai (Sig 0.004 < 0.05), memiliki persentase ketuntasan klaksikal 81% ≥ 80% yang berada pada kategori tinggi, dengan nilai proporsi ketuntasan klaksikal (Sig 0.535 > 0.05). (2) peningkatan nilai (gain ternormalisai) sebesar 0.53 ≥ 0.3 pada kategori sedang, dengan nilai (Sig 0.000 < 0.05). (3) aktivitas siswa memiliki persentase keaktifan 84% ≥ 60% pada kategori sangat aktif. (4) respons siswa memiliki persentase positif sebesar 87.4% > 80% pada kategori positif, dengan nilai proporsi (Sig 0.107 > 0.05). Berdasarkan kriterian keefektifan menunjukan bahwa semua aspek telah terpenuhi melebihi nilai minimum.  

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...