EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 3, No 5 (2021): October Pages 1880-3500

The Influence of Using Kahoot Learning Media on Primary School Students’ Learning Interest in Social Studies

Eka Kusumaningrum (Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA, Indonesia)
Puri Pramudiani (Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA, Indonesia)



Article Info

Publish Date
13 Jul 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran kahoot pada masa pandemi COVID-19 terhadap minat belajar siswa sekolah dasar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh menurunnya minat siswa dalam proses pembelajaran akibat pandemi COVID-19. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Pademangan Barat 01. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan Quasi Experiment menggunakan Post-test Only Control Design. Jumlah sampel 64 siswa dibagi menjadi 2 kelompok, yaitu 32 siswa sebagai kelompok eksperimen dan 32 siswa sebagai kelompok kontrol, dengan teknik sampling jenuh. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dan dokumentasi yang telah divalidasi oleh dosen ahli dengan menggunakan product moment, sedangkan uji reliabilitas menggunakan cronbach's alpha Setelah data valid dan reliabel dilanjutkan dengan perhitungan uji normalitas menggunakan uji Liliefors dan uji homogenitas menggunakan uji Fisher. Hasil pengujian hipotesis dalam penelitian ini dengan menggunakan uji z diperoleh zhitung sebesar 1,891 dan ztabel sebesar 1,645 yang berarti H1 diterima. Penelitian ini membuktikan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media pembelajaran Kahoot terhadap minat belajar IPS siswa SD

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...