EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 3, No 5 (2021): October Pages 1880-3500

Challenge Based Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Materi Persamaan Linear Satu Variabel

Fairazatunnisa Fairazatunnisa (Universitas Indraprasta PGRI Jakarta, Indonesia)
Gelar Dwirahayu (Universitas Indraprasta PGRI Jakarta, Indonesia)
Eva Musyrifah (Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, Indonesia)



Article Info

Publish Date
23 Jun 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran Challenge Based Learning terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Indikator kemampuan berpikir kreatif matematis yang diukur dalam penelitian ini terdiri dari: (a) memperinci, (b)kelancaran, dan (c) keluwesan. Metode yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain randomized control group posttest only. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 169 Jakarta dengan siswa kelas VII A sebagai kelas eksperimen yaitu pembelajaran dengan Challenge Based Learning dan kelas VII E sebagai kelas kontrol yaitu pembelajaran dengan konvensional. Data dianalisis dengan menggunakan Uji-t untuk menunjukkan perbedaan kemampuan siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan analisis data, pada taraf nyata 5% diperoleh nilai sig = 0,002 < α = 0,05, dengan kata lain kemampuan berpikir kreatif matematis siswa pembelajarannya menggunakan Challenge Based Learning lebih tinggi dibandingkan dengan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang pembelajarannya konvensional. Secara spesifik, indikator dari kemampuan berpikir kreatif matematis yang mendapatkan hasil paling tinggi yaitu indikator elaborasi

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...