EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 3, No 5 (2021): October Pages 1880-3500

Implementasi Program Bina Pribadi Islami (BPI) dalam Membentuk Karakter Peserta Didik

Hanif Agra (Universitas Jambi, Indonesia)



Article Info

Publish Date
03 Jul 2021

Abstract

Tujuan dari penelitian untuk mengetahui implementasi program Bina Pribadi Islami (BPI) dalam membentuk karakter peserta didik. Pendekatan penelitian adalah penelitian kualitatif.. Perspektif penelitian yang digunakan yaitu fenomenologi yang mengkaji mengenai bagaimana penerapan Program Bina Pribadi Islami. konsep purposeful sampling digunakan dalam penelitian kualitatif dimana peneliti memilih individu dan lokasi penelitian guna sebuah studi sebab pilihan tersebut bisa memberikan informasi untuk menjawab permasalahan penelitian. Sampel dan peserta penelitian adalah kepala, wakil, kepala koordinator BPI dan guru BPI. Pengambilan data dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SD IT Aulia Muara Bulian telah melakukan pembentukan karakter kepada peserta didik dengan membuat program pembiasaan dan keteladanan hal ini merupakan suatu pembinaan karakter yang baik agar peserta didik lebih religius dan selalau menerapkan kedisiplinan. SD IT Aulia Muara Bulian menerapkan pendidikan karakter bedasarkan keteladanan dari setiap warga sekolah yang ada di SD IT Aulia Muara Bulian termasuk penjaga sekolah dan security. Program Bina Pribadi Islami melakukan evaluasi dari kegiatan peserta sehari-sehari mulai dari ibadahnya, sikapnya dan kegiatan lainnya yang telah diterima oleh peserta didik dari hasil kegiatan BPI

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...