EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 3, No 5 (2021): October Pages 1880-3500

Tingkat Aktivitas Belajar Siswa Pada Pembelajaran Online Pendidikan Agama Islam di Masa Pandemi Covid-19

Ayulia Septiani (Universitas Singaperbangsa Karawang, Indonesia)
Muhamad Taufik Bintang Kejora (Universitas Singaperbangsa Karawang, Indonesia)



Article Info

Publish Date
13 Jul 2021

Abstract

Selama diintrusikan kebijakan belajar dari rumah, siswa melaksanakan pembelajaran Pendidikan Agama Islam secara online dengan memanfaatkan beragam aplikasi seperti googleclassroom, zoom, whatsapp, dan lainnya. Tujuan penelitan ini adalah untuk mengetahui tingkat aktivitas belajar siswa dan untuk mengetahui strategi pembelajaran online rumpun PAI (akidah akhlak, fiqh, sejarah kebudayaan Islam, dan Al-Qur’an Al-Hadits) di masa pandemi Covid-19 pada siswa MA Nihayatul Amal Rawamerta kabupaten Karawang. Pendekatan penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survey model cross sectional. Sampel penelitian melibatkan 105 siswa dan pengumpulan data menggunakan angket berupa googleform. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan strategi treatment atau treatment yang disiapkan oleh MA Nihayatul Amal dalam pembelajaran online adalah mengurangi durasi waktu pelajaran dan mengharuskan guru membuat resume setiap materi pembelajaran. Hasil survey menggambarkan bahwa siswa aktif dalam kehadiran di kelas online (77,72%), mengikuti pembelajaran sampai selesai (69,52%), mengumpulkan tugas (91,24%), muroja’ah (84,,76%), mufrodat (75,62%), bertanya (64%), berdiskusi (63,05%) dan mereview materi pembelejaran (59,81%). Secara umum siswa MA Nihayatul Amal memiliki keaktifan belajar yang baik atau tinggi. Namun demikian aspek yang perlu ditingkatkan dan perlu mendapat perhatian serius adalah pada aspek mereview atau membaca materi pembelajaran

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...