EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 3, No 4 (2021): August Pages 1101-2382

Pengembangan Model Instrumen Tes Diagnostik Bentuk Two-Tier untuk Siswa Sekolah Dasar

Renitasri Renitasri (Universitas Negeri Padang, Indonesia)
Firman Firman (Universitas Negeri Padang, Indonesia)
Jon Efendi (Universitas Negeri Padang, Indonesia)



Article Info

Publish Date
11 Aug 2021

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyaknya permasalahan yang dihadapi oleh siswa sekolah dasar pada proses pembelajaran IPA yang berhubungan dengan kesalahpahaman siswa memahami konsep IPA sehingga diperlukan sebuah alat ukur untuk mengetahui permasalahan tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan model instrumen tes diagnostik bentuk two tier untuk siswa sekolah dasar yang valid. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model 4-D. Tahapan penelitian ini terdiri dari tahapan perencanaan, perancangan, pengembangan dan penyebaran. Penelitian ini menemukan bahwa tes diagnostik bentuk two-tier yang dikembangkan mendapatkan skor validasi oleh pakar ahli materi IPA sebesar 83,93 dengan kategori sangat valid dan mendapatkan skor validasi oleh pakar kegrafikan sebesar 83,13 dengan kategori sangat valid. Hal ini membuktikan bahwa tes diagnostik bentuk two-tier yang dikembangkan untuk siswa sekolah dasar pada proses pembelajaran IPA sangat layak untuk digunakan. Impilikasi penelitian ini adalah dapat dijadikan sebagai alat ukur bagi guru untuk mengetahui miskonsepsi siswa sekolah dasar pada pembelajaran IPA

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...