EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 3, No 5 (2021): October Pages 1880-3500

Analisis Anatomi Huruf Mahasiswa PGSD UPI Kampus Tasikmalaya

Sri Dwiyanti (Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia)
Dian Indihadi (Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia)



Article Info

Publish Date
11 Jul 2021

Abstract

Pentingnya profesionalitas seorang guru dalam mengajarkan perihal tulisan tangan. Dalam hal ini seorang guru tidak memiliki pengajaran dan pelatihan perihal tulisan tangan. Maka, tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan anatomi huruf A, E, G, dan B beserta huruf kecilnya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif evaluatif melalui pendekatan kualitatif. Dengan demikian, penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif ini untuk mengungkap sebuah permasalahan serta memberikan gambaran dan deskripsi secara terstruktur, jelas, dan akurat mengenai lembar menulis tulisan tangan pada mahasiswa PGSD. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa PGSD yang diinstruksikan untuk menulis beberapa huruf lalu dievaluasi berdasarkan rubrik penilaian terkait anatomi huruf. Hasil akhir terdapat skor yang berbeda-beda. Dari 42 data dipilih 18 data yang sesuai dengan teori anatomi yang mendukung. Kemudian 18 data tadi hanya terdapat 4 data yang memiliki skor sempurna atau telah memenuhi kaidah anatomi huruf. Data yang lainnya memiliki skor anatomi huruf yang kurang lengkap. Kekurangan penulisan anatomi huruf terbanyak ada pada huruf “G”, “B”,  dan “a”.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...