EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 4, No 2 (2022): April Pages 1601- 3200

Proses Perubahan Pembelajaran Siswa dari Daring ke Luring pada Saat Pandemi Covid-19 di Madrasah Tsanawiyah

Iwan Ramadhan (Universitas Tanjungpura)
Ayu Manisah (Universitas Tanjungpura)
Dini Agra Angraini (Universitas Tanjungpura)
Diah Maulida (Universitas Tanjungpura)
Sana Sana (Universitas Tanjungpura)
Nurul Hafiza (Universitas Tanjungpura)



Article Info

Publish Date
30 Jan 2022

Abstract

Penelitian ini bermaksud memberikan gambaran mengenai proses pembelajaran siswa dari daring ke luring pada saat pademi covid-19, praktik pembelajaran luring setelah pandemi, dan dampak yang terjadi pada siswa setelah pembelajaran daring. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun hasil dari penelitian ini ialah proses perubahan pembelajaran dari daring ke luring yang dirasakan dari pihak sekolah terletak pada perubahan sikap dan perilaku siswa yang semakin berkurang terhadap rasa hormat serta taat aturan. Praktek pembelajaran luring di masa new normal ini dilakukan di ruang kelas dengan jumlah siswa satu kelas sekitar 25 orang yang terdiri dari 3 rombel kelas VII, 3 rombel kelas VIII, dan 3 rombel kelas IX dengan jumlah siswa 218 orang. Dampak yang dirasakan siswa dengan adanya perubahan proses pembelajaran dari daring ke luring ini pada prestasi belajar, siswa merasa prestasinya meningkat pada saat pembelajaran luring diterapkan karna siswa lebih mudah memahami apa yang dijelaskan guru dibanding pada saat pembelajaran daring kemarin.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...