Penelitian ini bermaksud memberikan gambaran mengenai proses pembelajaran siswa dari daring ke luring pada saat pademi covid-19, praktik pembelajaran luring setelah pandemi, dan dampak yang terjadi pada siswa setelah pembelajaran daring. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun hasil dari penelitian ini ialah proses perubahan pembelajaran dari daring ke luring yang dirasakan dari pihak sekolah terletak pada perubahan sikap dan perilaku siswa yang semakin berkurang terhadap rasa hormat serta taat aturan. Praktek pembelajaran luring di masa new normal ini dilakukan di ruang kelas dengan jumlah siswa satu kelas sekitar 25 orang yang terdiri dari 3 rombel kelas VII, 3 rombel kelas VIII, dan 3 rombel kelas IX dengan jumlah siswa 218 orang. Dampak yang dirasakan siswa dengan adanya perubahan proses pembelajaran dari daring ke luring ini pada prestasi belajar, siswa merasa prestasinya meningkat pada saat pembelajaran luring diterapkan karna siswa lebih mudah memahami apa yang dijelaskan guru dibanding pada saat pembelajaran daring kemarin.
Copyrights © 2022