EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 4, No 2 (2022)

Keefektifan Media Audio-Visual dalam Meningkatkan Kemampuan Berbicara Siswa Sekolah Dasar

Yanti Arasi Sidabutar (Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar)
Leonita Maria Efipanias Manihuruk (Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar)



Article Info

Publish Date
06 Feb 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatakan keterampilan berbicara anak dengan menggunakan media audiovisual. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 091496 Tanah Jawa. Dalam penelitian ini digunakan metode eksperimen dengan menggunakan tes awal dan teks akhir. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan test lisan untuk menguji kemampuan berbicara siswa. Prosedur penelitian ini yaitu melakukan pretes, pelaksanaan tindakan, dan melakukan postes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan berbicara siswa dengan menggunakan media audiovisual (Kelas Eksperimen) lebih tinggi dibanding siswa dengan menggunakan media audio (Kelas Kontrol). Nilai rata-rata pretest kelas eksperimen yaitu 49.43 dan rata-rata nilai posttest adalah 79.49. Nilai rata-rata kelas eksperimen meningkat sebesar 30.06. Nilai rata-rata siswa dengan menggunakan media audiovisual yaitu 79.49 dan rerata Nilai siswa dengan menggunakan media audio yaitu 76.14.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...