EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 3, No 4 (2021)

Web Based Portfolio sebagai Asesmen Alternatif pada Masa Pembelajaran Daring

Dinda Salsabila Amadea Hanifah (Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya, Indonesia)
Abdulloh Hamid (Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya, Indonesia)



Article Info

Publish Date
07 Aug 2021

Abstract

Pandemi covid-19 membuat perubahan besar dalam berbagai sektor kehidupan, utamanya pada sektor pendidikan. Kegiatan pembelajaran yang awalnya dilakukan dengan tatap muka di sekolah, oleh pemerintah diputuskan menjadi pembelajaran jarak jauh yang dilakukan secara daring sebagai upaya dalam memutus mata rantai penyebaran virus. Hal ini berimbas pula pada sistem asesmen peserta didik. Untuk itu penelitian ini mengkaji tentang bagaimana web based portfolio dapat menjadi pilihan dalam pengaplikasian asesmen alternatif di masa pembelajaran daring. Penelitian ini menggunakan studi literatur di mana sumber penelitian di dapat dari artikel-artikel pada jurnal nasional, buku, serta dokumen pendukung lainnya yang berkaitan dengan penelitian ini. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa web based portfolio menjadi alternatif penting terhadap penilaian peserta didik karena web based portfolio memiliki beberapa kelebihan, yaitu lebih ringkas, tidak terbatas oleh waktu dan juga fleksibel. Namun program ini harus meminimalisir Kembali beberapa kelemahan seperti masalah jaringan internet, gadget, dan hubungan interpersonal antara pendidik dan peserta didik

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...