EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 3, No 5 (2021)

Pengembangan Media Pembelajaran Flipbook Digital di Sekolah Dasar

Widya Nindia Sari (Universitas Muhammadiyah Prof. Dr Hamka, Indonesia)
Mubarak Ahmad (Universitas Muhammadiyah Prof. Dr Hamka, Indonesia)



Article Info

Publish Date
21 Jul 2021

Abstract

Kurangnya antusias dan pemahaman murid dalam mempelajari IPS disebabkan minimnya variasi media pembelajaran yang digunakan oleh pendidik sehingga menyebabkan siswa tidak antusias dan kurang memahami materi dalam proses pembelajaran. Riset ini bertujuan untuk meningkatkan produk media flipbook digital untuk mata pelajaran IPS kelas IV materi indahnya keragaman di negeriku. Riset ini menggunakan metode Research and Development (R&D), mempunyai tahapan: 1) Analyse, 2) Design, 3) Development, 4) Implementation, 5) Evaluation. Tempat pengamatan dilakukan di SDS Kresna Cililitan. Pengumpulan informasi dilakukan dengan cara penilaian angket dari pakar media dan pakar materi juga angket responden dari partisipan pendidik. Hasil pengembangan produk merupakan media pendidikan flipbook digital pembelajaran IPS materi indhanya keragaman di negeriku. Hasil riset validasi pakar media didapatkan persentase sebesar 86.6% dengan kategori “sangat layak”, hasil penilaian pakar materi didapatkan persentase sebesar 90.6% dikategorikan “sangat layak. Hasil spekulasi siswa pada uji kelompok kecil sebesar 86.80%, dan uji kelompok besar didapatkan persentase sebesar 87.40%, sehingga media tersebut dinyatakan “sangat layak” . Dapat disimpulkan dari perolehan penilaian bahwa media flipbook digital pada bidang IPS materi indahnya keragaman di negeriku kelas IV sangat layak diaplikasikan untuk dijadikan sarana pembelajaran.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...