Penelitian ini dirasa sangatlah penting karena memiliki tujuan untuk membuktikan apakah terdapat pengaruh kondisi sosial-ekonomi orangtua, teman sebaya, dan persepsi siswa mengenai metode pengajaran guru terhadap hasil belajar siswa SMKN 2 Kediri. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jumlah total sampel 106 responden atau pengisi kuesioner yang dihitung menggunakan rumus Slovin dan menggunakan teknik yang dilakukan untuk mengambil sampel probability sampling. Hasil dari penelitian ini adalah 1) variabel kondisi sosial-ekonomi orangtua, teman sebaya, dan persepsi siswa mengenai metode pengajaran guru secara simultan memberikan pengaruh terhadap hasil belajar siswa hal ini diperkuat dengan nilai Fhitung (67.873) > Ftabel (2,69) 2) variabel kondisi sosial-ekonomi orang tua tidak memberikan pengaruh terhadap hasil belajar siswa hal ini diperkuat dengan hasil thitung (-0,961) < ttabel (1,983), 3) variabel teman sebaya memberikan pengaruh terhadap hasil belajar siswa hal ini diperkuat dengan hasil nilai thitung (3,863) > ttabel (1,983), daan 4) variabel persepsi siswa mengenai metode pengajaran guru memberikan pengaruh terhadap hasil belajar siswa yang dapat diperkuat dengan hasil thitung (10.710) > ttabel (1,983).
Copyrights © 2022