EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 4, No 2 (2022)

Pengaruh Kondisi Sosial-Ekonomi Orangtua, Teman Sebaya, dan Persepsi Siswa Mengenai Metode Pengajaran Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa SMK

Illa Pangesti (Universitas Negeri Surabaya)
Han Tantri Hardini (Universitas Negeri Surabaya)



Article Info

Publish Date
15 Feb 2022

Abstract

Penelitian ini dirasa sangatlah penting karena memiliki tujuan untuk membuktikan apakah terdapat pengaruh kondisi sosial-ekonomi orangtua, teman sebaya, dan persepsi siswa mengenai metode pengajaran guru terhadap hasil belajar siswa SMKN 2 Kediri. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jumlah total sampel 106 responden atau pengisi kuesioner yang dihitung menggunakan rumus Slovin dan menggunakan teknik yang dilakukan untuk mengambil sampel probability sampling. Hasil dari penelitian ini adalah 1) variabel kondisi sosial-ekonomi orangtua, teman sebaya, dan persepsi siswa mengenai metode pengajaran guru secara simultan memberikan pengaruh terhadap hasil belajar siswa hal ini diperkuat dengan nilai Fhitung (67.873) > Ftabel (2,69)  2) variabel kondisi sosial-ekonomi orang tua tidak memberikan pengaruh terhadap hasil belajar siswa hal ini diperkuat dengan hasil thitung (-0,961) < ttabel (1,983),  3) variabel teman sebaya memberikan pengaruh terhadap hasil belajar siswa hal ini diperkuat dengan hasil nilai thitung (3,863) > ttabel (1,983), daan 4) variabel persepsi siswa mengenai metode pengajaran guru memberikan pengaruh terhadap hasil belajar siswa yang dapat diperkuat dengan hasil thitung (10.710) > ttabel (1,983).

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...