EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 4, No 1 (2022)

Nilai – Nilai QS (Emotional Quentient) dan SQ (Spritual Quentient) dalam Novel I’m Sarahza Karya Hanum Salsabiela Rais dan Rangga Almahendra

Maryam Nurlaila (Universitas Muhammadiyah Buton, Indonesia)
Nazriani Nazriani (Universitas Muhammadiyah Buton, Indonesia)
Wa Ode Mirna (Universitas Muhammadiyah Buton, Indonesia)



Article Info

Publish Date
19 Jan 2022

Abstract

Latar beakang penelitian ini adalah mendeskripsikan nilai-nilai EQ (Emotional Quention) dan SQ (Spritual Quentient yang terdapat dalam novel i’m Sarahza karya Hanum Salsabiela Rais dan Rangga Almahendra. Penelitian ini bertujuan untuk menjabarkan nilai-nilai EQ (Emotional Quention) dan SQ (Spritual Quentient) yang terdapat dalam novel I’m Sarahza karya Hanum Salsabiela Rais dan Rangga Almahendra. Metode yang digunakan pada penelitian ini ialah metode deskripsi kualitatif memberikan pusat data terhadap data alamiah, data hubungan. Sedangkan jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kepustakaan. Sumber data dalam penelitian ini adalah naskah novel I Am Sarahzah karya Hanum Salsabiela Rais dan Rangga Almahendra sebagai sumber data primer. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik/cara catat, karena data-datanya berupa teks. Hasil penelitian menganalisis nilai Emosional Quentient dalam novel i’m Sarahza karya Hanum Salsabiela Rais dan Rangga Almahendra yaitu 1) kemampuan mengenali emosi diri, 2) kemampuan memotivasi diri sendri, 3) kemampuan membina hubungan. Nilai Spritual Quentient alam novel i’m Sarahza karya Hanum Salsabiela Rais dan Rangga Almahendra yaitu 1) kejiwaan, 2) rohani, 3) batin.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...