EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 3, No 5 (2021): October Pages 1880-3500

Partisipasi Orang Tua dalam Mendukung Belajar Mengaji al-Qur'an Anak di Masa Pandemi

Sukma Zulviana Hadi (Universitas Singaperbangsa Karawang, Indonesia)
Tajuddin Nur (Universitas Singaperbangsa Karawang, Indonesia)
Neng Ulya (Universitas Singaperbangsa Karawang, Indonesia)



Article Info

Publish Date
13 Jul 2021

Abstract

Pembelajaran di rumah saat pandemi sedikit banyak menjadi hambatan untuk anak, oleh karena itu partisipasi orang tua sangat dibutuhkan pada saat pembelajaran salah satunya untuk pembelajaran al-Qur’an. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengenal partisipasi orang tua dalam mendukung belajar mengaji anak di masa pandemi. Metode penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif dan data bersumber dari hasil wawancara, sedangkan metode analisis penelitian ini menggunakan kualitatif deskriptif. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa orang tua banyak mendukung anak ketika belajar mengaji di masa pandemi, di antaranya dengan cara 1) Mendampingi anak ketika belajar mengaji Qur’an, 2) Memberikan nasehat dan motivasi, 3) memberikan hadiah atau reward sebagai bentuk apresiasi dan 4) memilih metode juga media variatif yang menarik agar anak tidak bosan, dan 5) menciptakan kondisi rumah yang efektif dan nyaman. Dari beberapa cara di atas diharapkan orang tua selalu mendukung anak pada pembelajaran Qur’an, agar anak merasa semangat ketika belajar walau dalam keadaan pandemi

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...