Pembelajaran di rumah saat pandemi sedikit banyak menjadi hambatan untuk anak, oleh karena itu partisipasi orang tua sangat dibutuhkan pada saat pembelajaran salah satunya untuk pembelajaran al-Qur’an. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengenal partisipasi orang tua dalam mendukung belajar mengaji anak di masa pandemi. Metode penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif dan data bersumber dari hasil wawancara, sedangkan metode analisis penelitian ini menggunakan kualitatif deskriptif. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa orang tua banyak mendukung anak ketika belajar mengaji di masa pandemi, di antaranya dengan cara 1) Mendampingi anak ketika belajar mengaji Qur’an, 2) Memberikan nasehat dan motivasi, 3) memberikan hadiah atau reward sebagai bentuk apresiasi dan 4) memilih metode juga media variatif yang menarik agar anak tidak bosan, dan 5) menciptakan kondisi rumah yang efektif dan nyaman. Dari beberapa cara di atas diharapkan orang tua selalu mendukung anak pada pembelajaran Qur’an, agar anak merasa semangat ketika belajar walau dalam keadaan pandemi
Copyrights © 2021