EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 4, No 1 (2022): February Pages 1-1600

Pendidikan Agama Kristen Sebagai Upaya Menjawab Tantangan Krisis Lingkungan Hidup

Christina Metallica Samosir (Universitas Kristen Indonesia Jakarta, Indonesia)
Fredik Melkias Boiliu (Sekolah Tinggi Teologi REAL BATAM, Indonesia)



Article Info

Publish Date
03 Jan 2022

Abstract

Dewasa ini terjadi kerusakan lingkungan seperti degradasi lahan/tanah, deforestasi atau penggundulan hutan, kepunahan jenis binatang dan tumbuhan, degradasi air, peracunan alam di tingkat global, perubahan atmosfer serta degradasi masyarakat dan budaya. Kerusakan ini disebab oleh manusia itu sendiri dan akibat dari kerusakan ini akan membawa musiba kepada manusia. Allah menciptakan manusia menurut gambar dan rupaNya (Imago Dei) Kejadian 1:27-28 dan memberikan mandat untuk berkuasa atas alam semesta. Saat ini manusia merasa berkuasa sepenuhnya atas alam sehingga semena-mena menguras isi alam tanpa memikirkan kelestarian dan keselamatan alam. Keruskan-kerusakan tersebut mengakibatkan terjadinya perubahan iklim. Oleh sebab itu, pembahasan ini bertujuan untuk memberikan edukasi melalui pendidikan agama Kristen di lingkungan keluarga, gereja, dan sekolah untuk memberikan kesadaran akan betapa pentingnya menjaga, melindungi dan melestarikan alam atau lingkungan merupakan tugas dan tanggung jawab manusia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kajian literaur dan riset pustaka. Hasil penelitian ini memberikan pemahaman dan kesadaran kepada orangtua, guru, pendeta dan guru sekolah minggu untuk memberikan pengajaran terkait dengan menjaga, melindungi dan melestarikan alam atau lingkungan. Dengan demikian, pengajaran yang dilakukan di keluarga, sekolah dan gereja akan menghasilkan generasi-generasi yang sadar dan peduli terhadap lingkungan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...