Penelitian ini dilatarbelakangi belum adanya sumber belajar yang menarik dan tidak monoton bagi guru maupun peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian observasi tentang pentingnya pengembangan e-modul interaktif berbasis flipbook. Observasi dilakukan di SMAN 4 Payakumbuh. Metode penelitian yang digunakan yaitu Penelitian dan Pengembangan dengan model 4D yang mana dalam penelitian ini peneliti hanya menggunakan 3D yakni Define, Design, dan Development. E-modul interaktif berbasis flipbook ini dikembangkan menggunakan aplikasi Flip PDF Profesional. Observasi dilakukan pada 05 Januari 2021 dengan memberikan angket kepada guru dan peserta didik kelas XI MIPA. Hasil observasi menunjukkan bahwa guru belum pernah menggunakan e-modul interaktif berbasis flipbook. Hasil Penilaian Harian jaringan hewan didapatkan nilai rata-rata yang cukup rendah yakni 67. Berdasarkan angket yang peneliti berikan kepada peserta didik, hal ini disebabkan 45% karena materi jaringan hewan sulit dipahami, 40% menjawab materi bersifat hafalan, dan 28 % menjawab karena kurangnya sumber belajar. Sebanyak 89% peserta didik mengininkan sumber belajar yang mengandung video dan animasi yang dapat menunjang pemahaman mengenai jaringan hewan. Dapat disimpulkan bahwa 92% peserta didik memilih setuju jika peneliti mengembangkan e-modul interaktif berbasis flipbook pada materi jaringan hewan.
Copyrights © 2021