EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 3, No 4 (2021): August Pages 1101-2382

Pengembangan Permainan Ular Tangga Kimia Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran Pada Materi Senyawa Hidrokarbon di Sekolah Menengah Atas

Yurnalisa Aprilia (Universitas Negeri Padang, Indonesia)
Iswendi Iswendi (Universitas Negeri Padang, Indonesia)



Article Info

Publish Date
30 May 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa permainan ular tangga kimia berbasis android sebagai media pembelajaran pada materi senyawa hidrokarbon serta menentukan tingkat validitas berdasarkan fungsi media. Jenis penelitian yang digunakan adalah development studies  dengan model Plomp yang terdiri dari tiga tahap, yaitu tahap preliminary research, prototypingstage, dan assessmentphase. Penelitian ini dibatasi sampai tahap prototypingstage yaitu tahap penilaian ahli (expertreview). Instrument penelitian yang digunakan adalah angket validasi yang diberikan kepada dua orang dosen kimia UNP dan dua orang guru kimia SMAN 2 Sawahlunto. Teknik pengumpulan data yang digunakan dengan penyebaran angket kemudian dianalisis menggunakan Aiken’s V. Hasil analisis data diperoleh bahwa permainan ular tangga kimia berbasis android sebagai media pembelajaran pada materi senyawa hidrokarbon memiliki tingkat validasi sebesar 0,86 dengan kriteri valid. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa permainan ular tangga kimia yang dikembangkan sudah valid sebagai media pembelajaran pada materi senyawa hidrokarbon kelas XI sekolah menengah atas

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...