Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa permainan ular tangga kimia berbasis android sebagai media pembelajaran pada materi senyawa hidrokarbon serta menentukan tingkat validitas berdasarkan fungsi media. Jenis penelitian yang digunakan adalah development studies dengan model Plomp yang terdiri dari tiga tahap, yaitu tahap preliminary research, prototypingstage, dan assessmentphase. Penelitian ini dibatasi sampai tahap prototypingstage yaitu tahap penilaian ahli (expertreview). Instrument penelitian yang digunakan adalah angket validasi yang diberikan kepada dua orang dosen kimia UNP dan dua orang guru kimia SMAN 2 Sawahlunto. Teknik pengumpulan data yang digunakan dengan penyebaran angket kemudian dianalisis menggunakan Aiken’s V. Hasil analisis data diperoleh bahwa permainan ular tangga kimia berbasis android sebagai media pembelajaran pada materi senyawa hidrokarbon memiliki tingkat validasi sebesar 0,86 dengan kriteri valid. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa permainan ular tangga kimia yang dikembangkan sudah valid sebagai media pembelajaran pada materi senyawa hidrokarbon kelas XI sekolah menengah atas
Copyrights © 2021